วันอาทิตย์ที่ 7 พฤศจิกายน พ.ศ. 2553

Hakim Yaman Perintahkan Tangkap Al-Awlaki Hidup atau Mati

07/11/2010
Yaman sudah menjadi kepanjangan tangan AS. Seorang hakim Yaman mengeluarkan perintah penangkapan terhadap Anwar Al-Awlaki hidup atau mati atas dakwaan ketelibatan da'i kelahiran AS dengan jaringan Al-Qaida dan pembunuhan terhadap sejumlah warga negara asing.

Mohsen Alwan mengeluarkan perintah itu pada Sabtu (6/11). Sebelum ini, perintah serupa juga dikeluarkan oleh pemerintah AS. Alwan memerintahkan jaksa untuk "menangkap paksa" Al-Awlaki dan saudara lelakinya, Othman Al-Awlaki. Othman didakwa terlibat pembunuhan terhadap warga negara asing dan sejumlah tentara Yaman.

AS mengesahkan CIA untuk menangkap atau membunuh Al-Awlaki--da'i keturunan Yaman kelahiran AS-- atas tuduhan keterlibatan Al-Awlaki dalam rencana serangan bom--yang diklaim berhasil digagalkan intelijen AS--ke sebuah pesawat komersil AS pada Desember 2009.

Pengadilan Yaman di kota Sanaa mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap dua bersaudara Al-Awlaki karena keduanya sudah dua kali tidak datang dalam pengadilan kasus terorisme itu. Pengadilan akhirnya menjatuhkan vonis tanpa kehadiran keduanya.

Yaman kini sedang mendapat tekanan dari sekutu-sekutu Barat-nya setelah sebuah parcel berisi bom yang akan dikirim ke sinagog-sinagog di Chicago berhasil terlacak dan digagalkan. Sekutu Yaman seperti Inggris dan AS menekan negara itu agar terus memberangus kelompok AQAP, kelompok perlawanan lokal yang ditengarai memiliki hubungan dengan Al-Qaida.

Hari Jumat kemarin, AQAP-Al-Qaida Semenanjung Arabia--mengeluarkan pernyataan bahwa pihaknya memang berada di belakang rencana serangan bom di pesawat komersil AS dan mengaku bertanggung jawab atas kecelakaan pesawat kargo milik Dubai pada bulan September. (ln/aljz)

ไม่มีความคิดเห็น:

แสดงความคิดเห็น