วันพฤหัสบดีที่ 4 พฤศจิกายน พ.ศ. 2553

Raja Saudi Masuk Peringkat ke-3 Orang Paling Berkuasa di Dunia / กษัตริย์อับดุลเลาะฮฺรั้งอันดับ 3 บุคคลทรงอำนาจที่สุดในโลก



Jumat, 05/11/2010

Raja Abdullah dari Arab Saudi berada di peringkat ketiga dalam daftar orang yang paling berkuasa di dunia yang dirilis oleh majalah bisnis Forbes terkemuka Amerika Kamis kemarin (4/11).

Setelah menduduki tempat kesembilan pada tahun 2009, Raja Abdullah bergerak naik ke posisi keenam dan terus maju menjadi yang ketiga yang paling berkuasa setelah Presiden Cina Hu Jintao dan Presiden Amerika Barrack Obama.

Hu Jinatao digambarkan oleh Forbes sebagai "pemimpin politik tertinggi dari siapapun manusia di planet ini" dan Presiden Obama digambarkan sebagai panglima tertinggi dan pemimpin terbesar di dunia, karena memiliki militer yang mematikan, pengeluaran terbesar di dunia paling dinamis dalam hal ekonomi dan memegang gelar tidak resmi sebagai 'Pemimpin Dunia Bebas'. "

Raja Abdullah Saudi menduduki peringkat ketiga sebagai kepala negara yang "memiliki cadangan terbesar di dunia minyak mentah dan menjaga dua situs tersuci umat Islam."

Raja Abdullah juga dipuji untuk usahanya memperkenalkan "serangkaian reformasi dengan tetap menjaga hubungan baik dengan institusi agama yang sangat konservatif."

Meskipun daftar ini melihat pemimpin seperti Jintao dan Raja Abdullah bergerak maju, namun yang lain mundur seperti Obama yang sebelumnya menempati peringkat pertama dalam daftar 2009. Pengusaha asal Meksiko Carlos Slim Helu, orang terkaya di dunia, bergerak turun dari posisi keenam ke posisi 21 dan salah satu pendiri Google Sergey Brin dari posisi kelima menjadi ke 22.

Beberapa sosok tidak lagi masuk dalam daftar top 10 seperti Rupert Murdoch, CEO News Corp yang menduduki peringkat ketujuh pada tahun 2009 dan mundur menjadi ke 13 tahun 2010. Bill Gates tetap menduduki posisi ke-10 seperti tahun lalu.

Pemimpin baru yang bergabung dalam daftar Top Ten tahun ini, termasuk Kanselir Jerman Angela Merkel, yang menduduki peringkat keenam, Paus Benediktus XVI, peringkat kelima, Perdana Menteri Inggris David Cameron, peringkat ketujuh, dan kepala Kongres Nasional India Sonia Gandhi, yang menempati peringkat kesembilan . Baik Cameron dan Gandhi bergabung dengan daftar Forbes untuk pertama kalinya.

Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin, posisi keempat pada tahun 2010 dan ketiga pada tahun 2009, dan Ketua Federal Reserve Ben Bernanke, posisi kedelapan pada tahun 2010 dan keempat tahun 2009.

Presiden UAE Khalifa bin Zayed Al-Nahyan menduduki peringkat 56 karena mengendalikan 97.8 juta barel cadangan minyak dan Presiden Cile Sebastian Pinera masuk ke peringkat 51 setelah ia berhasil memimpin negara pasca gempa brutal, melakukan penyelamatan pertambangan, dan menempatkan ekonomi di jalur untuk pertumbuhan.

Julian Assange pendiri WikiLeaks pada tahun ini juga masuk dan menduduki posisi ke 68, khusus dalam informasi rahasia yang ia ungkapkan sehingga membuat dunia terkejut dengan mempublikasikan dokumen rahasia. Daya diakuisisi oleh Assange ini diringkas oleh kalimat yang menjelaskan pengaruh luar biasa nya.

"Pemerintah dan perusahaan dengan 'cucian yang kotor' harus takut, bahkan sangat takut," kata situs Forbes.(fq/aby)


กษัตริย์อับดุลเลาะฮฺรั้งอันดับ 3 บุคคลทรงอำนาจที่สุดในโลก

ข่าว Forbes website – เมื่อวันพฤหัส (04/11) เว็ปไซต์นิตยสารธุรกิจ “ฟอร์บส์” เปิดเผยการจัดอันดับบุคคลทรงอำนาจมากที่สุดในโลก โดยกษัตริย์อับดุลเลาะฮฺ แห่งซาอุดี้อาระเบีย ทรงรั้งตำแหน่งที่ 3 ขึ้นมาจากอันดับที่ 9 ในปีก่อน โดยประธานาธิบดีหู จินเทา นำอยู่อันดับหนึ่ง ส่วนอันดับ 2 ได้แก่ประธานาธิบดีบารัค โอบาม่า
โดยหู จินเทา ได้รับการสรรเสริญว่าเป็นผู้นำการเมืองระดับสูงสุดเหนือผู้ใดในโลก ส่วนโอบาม่า เป็นผู้บังคับบัญชาประเทศที่มีกำลังรบใหญ่ที่สุด และได้ชื่ออย่างไม่เป็นทางการว่าเป็นผู้นำโลกเสรี ส่วนกษัตริย์อับดุลเลาะฮฺ ทรงเป็นผู้นำประเทศที่มีน้ำมันดิบสำรองมากที่สุดในโลก และทรงเป็นผู้พิทักษ์ศาสนสถานสำคัญ 2 แห่งของอิสลาม อีกทั้งยังผดุงความสัมพันธ์อันดีกับประเทศต่างๆ ในขณะที่ยังสามารถธำรงสังคมอนุรักษ์ทางศาสนาไว้ได้


ผู้ที่ตกอันดับในรายการได้แก่บารัค โอบาม่า ซึ่งปีที่แล้วอยู่อันดับ 1 , คาร์ลอส สลิม เฮลู นักธุรกิจเม๊กซิกันเชื้อสายเลบานอน บุคคลที่รวยที่สุดในโลก ตกจากอันดับ 6 มาอยู่อันดับที่ 21 , อีกคนหนึ่งคือ เซอร์เกย์ บริน ผู้ร่วมก่อตั้งเว็ปไซต์กูเกิ้ล ตกจากอันดับที่ 5 มาอยู่อันดับที่ 22 ส่วนบิลล์ เกตส์ ยังคงรักษาอันดับ 10 ไว้ได้ในปีนี้

ผู้ที่ถูกจัด อยู่ใน 10 อันดับแรก ได้แก่ นายกรัฐมนตรีแองเจล่า เมอร์เกล อยู่อันดับ 6, สมเด็จพระสันตะปาปาเบเนดิคซ์ อันดับที่ 5, นายกรัฐมนตรีอังกฤษเดวิค แคเมอรอน อยู่อันดับ 7, ประธานพรรคเนชั่นแนล คองเกรส ของอินเดีย นางโซเนีย คันธี อยู่อันดับ 9 ส่วนนายกรัฐมนตรีรัสเซีย วลาดิเมียร์ ปูติน ตกจากอันดับที่ 3 มาอยู่อันดับที่ 4 ในปีนี้

ไม่มีความคิดเห็น:

แสดงความคิดเห็น